Jumat, 25 Mei 2012

4 Golongan

Sedikit berbagi ilmu untuk kita bermuhasabah diri

EMPAT GOLONGAN YANG DIHUJJAH ALLAH SWT

4 Golongan

Bahwasanya Allah Ta’ala pada hari Kiamat akan menghujjah (mendebat) empat golongan.
Pertama: Allah Ta’ala akan menghujjah (mendebat) mereka yang kaya dengan kayanya Nabi Sulaiman As. Berkata mereka yang kaya : “Bahwasanya kekayaanku telah menyibukkanku untuk beribadah kepada-Mu, Ya Allah”. Maka Allah menjawab: “Siapakah yang lebih kaya, engkau atau Sulaiman? Namun kekayaannya tidak menegah (menghalangi) nya untuk beribadah kepada-Ku”.

Kedua: Allah Ta’ala akan menghujjah (mendebat) mereka para hamba (pembantu) dengan kehambaan Nabi Yusuf As. Berkata mereka : “ Bahwasanya kehambaanku telah menegah (menghalangi) aku untuk beribadah kepada-Mu, Ya Allah”. Allah menjawab: “ Apakah kehinaan yang Yusuf alami sebagai hamba menghalangi ia untuk tetap bisa beribadah kepada-Ku”.

Ketiga: Allah Ta’ala akan menghujjah (mendebat) mereka yang fakir miskin. Berkata mereka : “ Ya Allah bahwasanya keperluan untuk memenuhi hajatku telah menegah (menghalangi) aku untuk beribadah kepada-Mu”. Allah menjawab : “ Siapakah yang lebih fakir dan berhajat untuk memenuhi keperluan hidupnya, engkau atau Isa? Namun  memenuhi keperluan hidupnya itu tidak (menghalangi) ia untuk tetap  beribadah kepada-Ku”.

Keempat: Allah Ta’ala akan menghujjah (mendebat) mereka yang berpenyakit. Berkata mereka: “Ya Allah bahwasanya penyakitku ini telah menegah (menghalangi) aku untuk dapat beribadah kepada-Mu”. Allah menjawab : “ Siapa yang lebih menderita, engkau Ayyub, namun penderitaannya tidak melalaikan ia untuk tetap taat kepada-Ku”.

Tiada alasan bagi kita untuk tidak beribadah kepada Allah. Allah tidak memberatkan hamba-Nya, tetapi ada keringanan (rukhsoh) bagi yang tidak dapat beribadah secara layak, misal sakit parah, akan tetapi hal itu bukanlah sebuah alasan untuk lalai dalam beribadah kepada-Nya. Mari sahabat-sahabatku, kita berlomba-lomba dalam kebaikan dan ibadah kepada Allah SWT. Semoga kita semua tidak termasuk golongan mereka yang mendapat hujjah Allah. Kita semua berharap menjadi orang yang taat dalam ibadah dan hanya untuk mengharapkan Ridho-Nya. Amiiin
Salam kebaikan untuk kita semua (^_^).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar